SEKILAS TENTANG HUTAN PENDIDIKAN HAMPANGEN

I. STATUS HUTAN PENDIDIKAN

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 311/Kpts-2/1993 tanggal 17 Juni 1993 tentang Perubahan Fungsi Sebagian Kawasan Hutan Produksi Tetap di Kabupaten Daerah Tingkat II Kotawaringin Timur  Provinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Tengah, luas Hutan Pendidikan Hampangen Universitas Palangka Raya (UPR) ± 5.000 ha. Berdasarkan hasil telaah Direktur Pengukuhan, Penatagunaan dan Tenurial Kawasan Hutan Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan Departemen Kehutanan dengan surat nomor S.834/Kuh-5/2013 tanggal 10 Oktober 2013, bahwa Areal Hutan Pendidikan Hampangen UPR di Provinsi Kalimantan Tengah tetap terdaftar dalam statistik kehutanan sebagai kawasan hutan dengan tujuan khusus (KHDTK). Hutan Pendidikan Hampangen diberikan kepada Universitas Palangka Raya (UPR) dimaksudkan untuk menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, kegiatan Penelitian dan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.

 

II. FASILITAS

Untuk mendukung kegiatan pengelolaan hutan pendidikan Hampangen, Universitas Palangka Raya telah memiliki sebidang tanah di jalan Tjilik Riwut Km 67 (tepi jalan Palangka Raya – Kasongan) seluas 50.000 m2. Pada tanah tersebut telah dibangun beberapa fasilitas gedung untuk kegiatan kuliah lapangan, pertemuan dan ruang istirahat dosen/mahasiswa/tamu serta gudang seluas ±1.200 m2. Selain itu juga telah dibuat jalan masuk ke areal hutan pendidikan sepanjang ± 500 m dengan lebar 8 m.

III. VISI DAN MISI

Visi Hutan Pendidikan UPR adalah terwujudnya Hutan Pendidikan Hampangen sebagai media implementasi Tridharma Perguruan Tinggi untuk seluruh civitas akademika Universitas Palangka Raya (UPR) yang integratif, bertaraf internasional untuk pengelolaan hutan secara lestari.

Misi;

  1. Mewujudkan pengelolaan hutan lestari di kawasan Hutan Pendidikan Hampangen.
  2. Mewujudkan terselenggaranya pendidikan dan penelitian IPTEK bidang pengelolaan sumberdaya hutan dan lingkungan secara efektif.
  3. Membangun kemitraan antara Hutan Pendidikan Hampangen UPR dengan para pihak sebagai wujud nyata pengabdian kepada masyarakat.

IV. ORGANISASI UPT LABORATORIUM ALAM HUTAN PENDIDIKAN UPR

  1. Dr. Ir. Yanarita, MP (Kepala UPT)
  2. Ir. V.S.Garuntung Nyahu, M.P (Kepala Bidang Administrasi, Pengelola Sarana dan Prasarana)
  3. Dr. Ir, Sosilawaty, M.P (Bidang Pengelolaan Hutan dan Lingkungan)
  4. Dr. Ir. Raden Mas Sukarna, M.Si (Kepala Bidang Pengembangan, Pendidikan dan Penelitian)
  5. Ir. I. Nyoman Surasana, M.P (Kepala Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Hutan)

V. KEGIATAN PENELITIAN YANG TELAH DILAKUKAN

  1. Analisis, Identifikasi dan Karakteristik Jenis Tumbuhan Obat di Hutan Pendidikan Hampangen Universitas Palangka Raya (Merty Ilona, 2003)
  2. Model Struktur Tegakan Hutan Rawa Gambut Sekunder Berdasarkan Sebaran Diameter Pohon Di Hutan Pendidikan Hampangen (Antonius Triyadi, 2007)
  3. Determinasi Jenis Penyakit Pada Lima Jenis Dipterocarpaceae Di Hutan Pendidikan Hampangen (Patricia Erosa Putir, 2007)
  4. Persentase Kecambah Biji Ramin (Gonystylus bancanus) di Persemaian Hutan Pendidikan di Hampangen (Sukaryanto, 2007)
  5. Aplikasi 2,4 –Dichlorophenoxy Acetat Acid Untuk Memacu Pertumbuhan Anakan Belangeran (Shorea belangeran Burck) (Yudha dan Tri Suwarni Wahyudiningsih)
  6. Pengaruh Pemakaian Sungkup Plastik Hitam Perak Terhadap Pertumbuhan Semai Stek Batang Waru (Hibiscus tiliaceus L.) (Rini Dwiastuti, 2007)
  7. Inventaris Penyakit Kanker Batang Pada jenis Meranti Merah (Shorea leprosula) di Hutan Pendidikan Hampangen (Eritha Kristiana Firdara, 2008)
  8. Keanekaragaman Jenis Jamur Mikro di Hutan Bekas Terbakar Di Hutan Pendidikan Hampangen (Patricia Erosa Putir, 2008)
  9. Anatomi Kayu Kembalitan Putih (Polyalthia glauca Hassk F.v Muller) (Eva Oktoberyani Christy, 2009)
  10. Studi Baseline Untuk Persiapan Implementasi REDD di Hutan Pendidikan Universitas Palangka Raya (Ciptadi, Aswin Usup, Richard Corlett, Mary Rose Posa, Saritha Kittie Uda, Afentina, 2009)
  11. Pemanfaatan Kayu Jambu Asal Rawa Gambut Sebagai Arang dan Briket Arang (Desy Natalia Koroh, Sarinah dan Bion D Inso, 2009)
  12. Studi Pertumbuhan Tanaman Jelutung Rawa (Dyera lowii Hook F) Di Hutan Pendidikan Hampangen (Reni Rahmawati, 2009) Pada Areal Hutan Pendidikan di Hampangen (
  13. Propagasi Vegetatif Stek Ramin (Gonystylus bancanus) Dengan Perlakuan Konsentrasi IAA dan IIBA (Tri Suwarni Wahyudiningsih, 2009)
  14. Penentuan Volume Pohon Meranti Dengan Menggunakan Kurva Tinggi Di Hutan Pendidikan Hampangen (Cakra Birawa, 2009)
  15. Kandungan Karbon Pada Berbagai Macam Tipe Vegetasi di Lahan Gambut Eks PLG Sejuta Hektar Setelah 10 Tahun Terbakar (Basuki Wasis dan Dadan Mulyana, 2009)
  16. Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Obat di Hutan Rawa Gambut Pada Areal Hutan Pendidikan Hampangen Universitas Palangka Raya Kalimantan Tengah (Nomi Aprilia, 2010)
  17. Uji Kualitas Minyak Daun Galam (Melaleuca cajuputi Roxb) Yang Tumbuh di Daerah Rawa Gambut Sebagai Bahan Baku Minyak Kayu Putih (John Fernando Gustaf, Mahdi Santoso dan Agung Wibowo, 2010)
  18. Komposisi, Keanekaragaman dan Kekayaan Jenis Kantong Semar (Nephenthes Spp) di Hutan Pendidikan Hampangen Kalimantan Tengah (Susanti, 2010)
  19. Eksplorasi Jenis Fungsi Mikoriza Arbuskula Pada Lima Jenis Tanaman Gambut di Hutan Pendidikan Hampangen Kalimantan Tengah (Dian Pratiwi, 2010)
  20. Pendugaan Cadangan Karbon Vegetasi di Atas Permukaan Tanah Pada Hutan Sekunder di Hutan Pendidikan Hampangen (Depi Natalia, 2011)
  21. Inventaris Hama Pada Jenis Kahoi (Shorea belangeran) di Hutan Pendidikan Hampangen (Eritha Kristiana Firdara, 2011)
  22. Status Trametes sp. (Polyparaceae) Sebagai Jamur Pelapuk Kayu di Hutan Pendidikan Hampangen (Patricia Erosa Putir, 2011)
  23. Penyerapan CO2 Pada Vegetasi Hutan Sekunder Rawa Gambut Bekas Terbakar di Hutan Pendidikan Hampangen Kalimantan Tengah (Ajun Junaedi dan Cakra Birawa, 2011)
  24. Ekologi dan Potensi Pasak Bumi (Eurycoma longifolia Jack) di Hutan Pendidikan Hampangen (Setiarno, 2011)
  25. Pendugaan Cadangan Karbon Tersimpan Pada Vegetasi Hutan Rawa Gambut Sekunder di Hutan Pendidikan Hampangen Universitas Palangka Raya (Hayyu Kristianto, 2012)

VI. KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

  1. Kaji Tindak Pelestarian Plasma Nutfah Berupa Pembuatan Hutan Tanaman Unggulan Lokal di Kabupaten Katingan (2007, kerjasama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Katingan)
  2. Pengelolaan Persemaian dan Pembuatan Bibit (2008, kerjasama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Katingan)
  3. Pembuatan Demplotisasi Hasil Hutan Ikutan (2009, kerjasama dengan Dinas Kehutanan Kabupaten Katingan)
  4. Lokasi Praktek Pendidikan dan Latihan Tenaga Teknis Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Perencanaan Hutan (Diklat GANISPHPL-CANHUT) yang dilaksanakan oleh BP2HP (Balai Pemantauan dan Pemanfaatan Hutan Produksi) sejak tahun 2010